by

Tim Relawan Desa Tanjung Aur 1 Pino, Rapat Validasi dan Finalisasi Data BLT-DD 2021

Bengkulu Selatan||Andusti.com – Pemerintah Desa Tanjung Aur 1 dan anggota BPD berserta tim gelar Musdesus validasi dan finalisasi Data calon penerima Dana Bantuan Lansung Tunai yang bersumber dari dana DD desa Thn 2021 Kamis, 18 Maret 2021 di kantor desa Tanjung Aur 1 Kecamatan Pino Bengkulu selatan.

Turut hadir bapak Camat, Babinsa, Pendamping lokal desa, Tenaga ahli, anggota tim serta warga lainya,
Kepala Desa Marpen Mardiansyah meghimbau kepada warga dan tim kiranya pertama kita selalu ikuti arahan pemerintah tentang Protokol Kesehatan dalam kita berkumpul selalu jaga jarak, pakai masker dan cuci tangan, menyangkut BLT mari kita dengarkan hasil pendataan tim yang sudah berkerja melakukan pendataan dan data ini nanti kita akan kita gabungkan dengan data yang sudah menerima bantuan sosial yang lainya, seperti Bst, prakerja, umkm dll, Nanti akan kehilatan warga yang sudah dapat bantuan lain atau belum.

Disamping itu kami sebagai Pemerintah desa tidak akan mempersulit dalam pendataan atau pun pencairan sepanjang warga masuk dalam kretaria.


Camat Pino Bapak Surahman menyampaikan terkait BLT DD di desa Tanjung Aur 1 kiranya warga harus jujur kalau sudah dapat bantuan yang lainya atau belum dan kepada tim silakan masukan bila ada warga yang memenuhi petunjuk sesuai dgn PMK No. 222 dan surat Edaran Bupati Bengkulu Selatan.

Padasarnya silakan anggota tim melakukan musyawarah dengan sebaiknya jangan ada keributan ditambahkan dalam suasana covid.19 Bupati sudah mebolehkan warga mengelar acarah pernikahan deengan catatan patuhi protokol kesehatan terakhir Bagi warga yang punya niat untuk mencalonkan diri sebagai calon Kepala Desa bahwah hari pemilihan Tgl, 28 Juni 2021 silakan bersiap – siap untuk melengkapi persyaratan.

Pendamping desa Bapak Erzan Syafiri menambahkan ,warga yang berhak mendapatkan dana BLT ini adalah : KK miskin yang berdumisili di desa Tj Aur 1 atau warga yang penderita penyakit kronis.

Data ini nanti kalau sudah disepakati tidak boleh bertamba tapi kalau berkurang boleh bantuan BLT ini sebesar Rp.300.000/Bln selama 12 Bln dana ini akan dicairkan setiap Bulan.

Tenaga Ahli bapak Joko menyampaikan dan ingatkan kepada pemerintah desa harus menganggarkan Dana BLT, bila pemerintah desa tidak anggarkan maka dana desa akan dipotong 5% . Selain itu Desa harus membentuk relawan covid.19 di desa nanti sumber dananya di ambil dari 8 % dari Dana DD.Silakan bentuk posko,dana untuk biaya untuk vasin covid.19 yang ada di desa, alat cuci tangan, pembelian masker dan lain – lain menyangkut penyebaran corona.

Rapat penetapan validasi dan Finalisasi calon penerima BLT lansung dipimpin Ibu ketua BPD Gustiana,
Mari kita bahas satu persatu hasil pendataan tim sebanyak 59 KK. Setelah mendengarkan masukan dari warga ternyata diputuskan calon penerima BLT DD Desa Tanjung Aur 1 Kecamatan Pino sebanyak 59 KK..(**Jon)