by

Tim Aman Covid-19 Desa Manggul Gelar Musyawarah Khusus Penetapan Penerima BLT Thn 2021

Bengkulu Selatan||Andusti.Com – Kamis, 04/03/2021 di Kantor Desa Manggul dilaksanakan Musyawarah khusus Penetapan Calon penerima Bantuan Lansung Tunai (BLT) Thn 2021, Hadir sebagai undangan Sekcam Kantor Camat Manna, Kantibmas, Babinsa, Pendamping Desa serta tokoh masyarakat, Ibu – Ibu serta anggota BPD.

Musyawarah dipimpin ketua tim dan di lanjutkan dengan kata sambutan Pjs Kepala Desa Drs. Mirza mengucapkan terimakasih kepada seluruh undangan yang sudah sempat meluangkan waktunya untuk hadir di Kantor Desa Manggul ini guna penetapan, yang akan menerima BLT Ini Thn 2021 yang sumber dananya dari DD.

Selanjutnya kita tetap mematuhi Prokes Protokol Kesehatan dengan tetap memakai masker, jaga jarak dan cuci tangan demi meng atisipasi penyebaran wabah covid-19 yang lagi melanda dunia saat ini.

Lanjut sebagai pedoman kita dalam penetapan calon penerima BLT ini sesui petunjuk, tetap mengacuh kepada PMK No. 222 karena disana sudah cukup jelas dan diperkuat dengan surat edaran Bapak Bupati Bengkulu Selatan yang mana:
1.KK miskin
2.Penderita Penyakit Menahun atau kronis.
3.Tinggal atau berdomisili di desa Manggul ini.

“Apah bila Desa tidak menanggarkan dana BLT tersebut maka desa dikenakan Sangsi pemotongan 50% , ini merupakan aturanya sangat jelas, untuk itu hari ini mari kita sama -nsama membuka data yang sudah direkap oleh tim 11 gunanya jangan ada KK yang kurang mampu yang belum termasuk, sebaliknya bagi warga yang sudah menerima bantuan sosial lainya jangan lagi dimasukan agar tidak tupang tindih atau ganda dia merima bantuan sosial lainya lalu di BLT dia dimasukan kembali,” tegas Pak Mirza Pjs Kades Manggul.

Sekcam atas nama mewakili Camat Manna menyampaikan kiranya di dalam membangun desa atau penyaluran bantuan ini kita harus terbuka jangan karena kepentingan tertentu lalu kita masukan misalnya karena masih pamili perangkat lalu dimasukan. Pjs Kades sudah mengatakan ikuti aturan dan mekanisme yang ada agar tidak ada kecemburu sosial di tengah masyarakat Manggul Ini.

Selain itu perangkat desa harus berkerja sama dengan BPD desa, Kapolsek, Babinsa dan tokoh masyarakat serta segenap warganya mari manfaatkan petugas – petugas yang ada di desa kita ini, kuncinya melalui musyawarah dan terbuka.

Babinsa Bapak Reduan juga memberikan masukan kepada segenap warga desa mari kita ciptakan keamanan dan kerukunan karena kita di desa Manggul ini saya yakin masih ada hubungan kekeluargaan, jangan karen Bantuan kita terpecah kalau desa aman pembangunan akan berjalan lancar dan kami siap ikut dalam pemecahan masalah yang ada di tenga – tenga masyarakat.

Kantibmas Bapak Efrizal menambakan pertama kita dalam berkumpul ini tidak boleh terlalu banyak, kita selalu menjaga jarak, pakai masker dan cuci tangan demi memerangi virus corona ini.

“Selanjutanya, kami dari Kepolisian siap membantu masyarakat dalam hal keamanan untuk itu bila ada tindak pidan yang meresakan masyarakat silakan diselesaika di desa dulu mana kala desa tidak bisa menyelesaikan
kami siap ikut dalam penyelesaian,” pungkas Bapak Efrizal .

Setelah tahapan demi tahapan musyawarah dan mengacu kepada data yg suda ada di ketua tim maka diputuskan calon penerima BlT – DD thn 2021 sebanyak 26 KK miskin dan jauh lebih kecil dari thn lalu 2020 sebanyak 54 KK..(Jon)