by

Siapkan Rp80 Juta, Ini Daftar Belanja Cegah Covid-19 di Desa Gunung Kembang

BENGKULU SELATAN | ANDUSTI.com — Pemerintah Desa (Pemdes) Gunung Kembang, Kecamatan Manna, Kabupaten Bengkulu Selatan, Provinsi Bengkulu, telah mengalokasikan Dana Desa (DD) tahap pertama sebesar Rp80 juta untuk memutus rantai pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Kasi Pemerintahan Dodi Hartono didampingi Ketua TPK Yurizal memaparkan, anggaran tersebut digunakan membiayai pendirian posko relawan, pembelian masker untuk dibagikan gratis kepada seluruh warga, serta pembelian tempat cuci tangan dan sabun cair untuk ditempatkan di kantor desa, tempat ibadah dan tempat-tempat umum lainnya.

Selain itu, lanjut Dodi, desinfeksi rutin juga akan dilakukan di tempat-tempat umum hingga rumah warga setiap minggu. “Pembelian rapid test, biaya operasional dan sewa alat (mesin sprayer desinfektan-red) kegiatan juga termasuk dalam 80 juta itu,” ungkapnya, Senin (13/4/2020) pagi.

Situasi posko relawan Covid-19 di Desa Gunung Kembang
Situasi posko relawan Covid-19 di Desa Gunung Kembang.

Menurut Dodi, upaya pencegahan pandemi covid-19 di desa ini juga dilakukan dengan memonitor masyarakat yang baru tiba dari perjalanan jauh, memeriksa kondisi kesehatannya, kemudian diarahan melakukan karantina mandiri selama 14 hari.

Relawan bagikan masker gratis
Relawan bagikan masker gratis ke rumah-rumah warga. #DiRumahAja

“Penanganan ini terdata di posko, supaya kita bisa pantau bersama perkembangannya dari waktu ke waktu,” tutupnya.[jOn]

Terbaru