by

Rumah Gundul Serunting Segera Dibangun

BENGKULU SELATAN | ANDUSTI.COM Sebentar lagi, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkulu Selatan akan menggencarkan promosi ekowisata Danau Kautan Serunting, Desa Kota Agung, Kecamatan Seginim.

Upaya menarik minat wisatawan ditandai dibangunnya Rumah Gundul Serunting di pinggiran danau seluas 32 hektar tersebut, sebagai cikal-bakal kompleks homestay dan komponen pendukung pariwisata lainnya.

Bupati Bengkulu Selatan, Gusnan Mulyadi MM mengatakan, penataan kawasan ekowisata ini akan dilakukan sedemikian rupa agar para pengunjung merasa nyaman tanpa mengusik konservasi hayati setempat.

Gundul, sapaan karibnya, mengapresiasi Kelompok Rintisan Serunting, Kelompok Perikanan Mina Agung dan Taruna Muda yang telah berkolaborasi melahirkan ide awal. “Tapi jangan sampai merusak. Pohon-pohan ini aset mahal, kita tata saja,” anjurnya saat menyambangi lokasi, Rabu (4/12/2019) siang.

Terkait gagasan membangun Rumah Gundul Serunting oleh tiga kelompok inisiator, Gundul menyambut baik sekaligus menyarankan berkoordinasi dengan jajarannya. Selanjutnya, dia menyoroti kondisi jalan menuju lokasi ekowisata yang masih relatif terjal dan tak beraspal.

Bupati Gusnan Mulyadi menyampaikan pengarahan terkait penataan Ekowisata Serunting yang konservatif.

Gundul menyarankan, tiga kelompok inisiator segera mengajukan proposal pembangunan jalan, agar bisa dianggarkan. Selain itu, satu unit alat berat jenis excavator milik Pemkab akan dipinjamkan kepada kelompok tersebut guna meringankan beban penataan awal.

Baca Juga: Tiga Kecamatan Pegang Rekor Terendah Bayar Pajak, Ini Sanksinya

Usai memberi wejangan seputar ekowisata di hadapan perwakilan tiga kelompok inisiator, Kepala Desa Kota Agung, Camat Seginim dan Tim Relawan Gundul, pria yang sebentar lagi akan dinobatkan sebagai Bapak Pariwisata Bengkulu Selatan ini sekali lagi berpesan, habitat aneka jenis ikan dan ribuan bangau di kawasan Danau Kautan Serunting jangan sampai terganggu rencana penataan ini.

Baca Juga: Luar Biasa! Diam-diam Ekowisata Serunting Mulai Digarap

Terpisah, Kades Kota Agung Suhedi berharap, dukungan Pemkab bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya bagi tiga kelompok inisiator mewujudkan impian bersama, ditambah dukungan desa-desa lain di sekitar danau. Sehingga tercipta satu destinasi wisata baru yang marketable, menguntungkan dan terintegrasi dengan sektor usaha lain milik masyarakat desa.[dih]