by

Pilgub Bengkulu: Ketua Tim Keluarga Rohidin “Harmen Kamarsyah” Dukung Agusrin

Bengkulu||Andusti.com – Konstalasi perpolitik jelang pendaftaran kandidat pasangan bakal calon (balon) Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), semakin sengit.

Pasalnya salah satu tokoh yang di-tuakan, sekaligus menjabat Ketua Tim Keluarga petahana Gubernur Rohidin Mersyah, Harmen Kamarsyah, memilih mengundurkan diri dari jabatannya.

Dengan mundurnya Harmen Kamarsyah yang semula mendukung pencalonan petahana Rohidin, pada Kamis, (3/9/2020) beralih mendukung mantan Gubernur Bengkulu Agusrin M Najamudin, yang juga akan mencalonkan diri kembali pada Pilkada serentak 9 Desember 2020, berpasangan dengan Imron Rosadi.

Menurut Harmen, pada awalnya secara nurani memang berkeinginan agar Agusrin bisa maju kembali pada Pilgub Bengkulu. Bahkan ketika itu juga mempersilahkan kedua keponakannya tersebut jika ingin sama-sama maju, tapi karena Agusrin dikawatirkan akan terbentur dengan status hukum yang di sandangnya, sempat meragukan, sehingga dukungan tertuju kepada Rohidin.

Hanya saja diakuinya, setelah mendapatkan kepastian secara langsung, berkominukasi dengan Agusrin, termasuk Sultan Bahtiar Najamudin yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua DPD RI, bahwa Agusrin dipastikan akan maju pada Pilgub Bengkulu.

Dengan kepastian itu, Harmen menyatakan sikap mengundurkan diri dari jabatan sebagai Ketua Tim Keluarga Rohidin, dan memilih bergabung serta mendukung pencalonan Agusrin bersama Imron, agar bisa menang.

“Pengunduran diri saya ini bukan tanpa alasan, namun dalam satu bulan terakhir, keberadaan tim keluarga sudah tidak aktif lagi. Lantaran tidak dipungkiri juga ada sedikit persoalan, sehingga dengan kondisi tersebut mengharuskan saya mengambil sikap lainnya, mengundurkan diri, dan mulai hari ini saya tidak ada lagi secara politis terhadap tim petahana Rohidin,” kata Harmen yang juga dipertegas kembali oleh Miftahul Jamin, yang juga sempat masuk dalam tim keluarga Rohidin.

Harmen menyebutkan, meski pengunduran dirinya sebagai Ketua Tim Keluarga belum menyampaikan secara langsung kepada petahana Rohidin Mersyah, namun beralih dukungan ini dilakukannya semata-mata niat untuk mewujudkan Provinsi Bengkulu lebih baik lagi.

“Saya menyakini jika Provinsi Bengkulu di pimpin kembali oleh Agusrin, akan banyak terobosan dalam membangun daerah, seperti ketika beliau memimpin beberapa waktu lalu. Bukan berarti juga yang lain belum berbuat, tapi belum maksimal saja,” terangnya.

Sementara itu, kerabat dekat sekaligus keluarga Agusrin M Najamudin, Jaya Marta menyambut baik pernyataan sikap dari tokoh sekaligus sesepuh Bengkulu, Harmen Kamarsyah bersama Miftahul Jazim yang kembali lagi bergabung dalam pencalonan Agusrin maju pada Pilgub Bengkulu.

Mengingat dukungan ini akan menjadi modal besar bagi Agusrin dengan Imron untuk mencapai kemenangan. Apalagi waktu pencalonan Sultan pada Pilgub Bengkulu 4 tahun lalu, termasuk pada Pemilu Legislatif lalu, Harmen bersama Sultan, sehingga sampai terpilih menjadi Anggota DPD RI dan sekarang menjabat Wakil Ketua DPD RI.

“Kembalinya datuk (Harmen,red) kami ini, ibarat pribahasa Bangau Terbang Tinggi, Pulangnya ke Kubangan juga. Terima kasih datuk, meski sebelumnya sempat ada keraguan untuk mendukung Agusrin, tapi sekarang sudah bergabung kembali,” kata Jaya Marta.

Di bagian lain, Wakil Ketua Bidang Infokom DPD 1 Partai Golkar Provinsi Bengkulu yang juga orang dekat Rohidin Mersyah, H. Zulkarnain KK Jodho ketika dikonfirmasi terkait keputusan politik Harmen Kamarsyah, tidak mempermasalahkannya.

Mengingat disebutkannya dalam politik, apa saja bisa terjadi.

“Itu terserah Pak Harmen dan Miftahul, dan hal itu biasa terjadi dalam politik. Apalagi politik ini lima tahun sekali, sedangkan namanya hubungan keluarga itu selamanya. Kita tidak bisa memaksakan orang lain agar memberikan dukungannya, silahkan berpikir sendiri, dan melihat bagaimana kondisi untuk pembangunan Bengkulu kedepan yang berkelanjutan,” pungkasnya singkat…(**Jon)