by

Pemerintah Desa Muara Pulutan Menyelenggarakan Pelatihan LINMAS

 

Bengkulu Selatan||Andusti.com – hari ini Rabu,11/11/2020 Pemerintah Desa Muara Pulutan menyelengarakan Pelatihan LINMAS, bertempat di kantor Desa.

Sebagai nara sumber Kepala Desa menghadirkan Camat Seginim, Kapolsek, Babinsa dan Basarnas.

Pada pelatihan ini Kepala Desa Muara Pulutan Bpk Gunlisdi mengucapkan terima kasih pada para nara sumber yg telah berkenaan hadir serta ke 6 perserta Linmas Desa Muara Pulutan.

Kades Gunlisdi menyampaikan kepada para linmas kiranya pada penyampaian nara sumber nanti diharapakan dapat memperhatikan dan mengikutinya dengan secara serius dan kepada pemateri kiranya dapat memberikan teori yang sedetil detilnya, sebagai ilmu pengetahuan para Linmas kedepan.

Kegiatan pelatihan ini akan dilaksanakan selama 2 hari mulai dari hari ini sampai dengan besok pagi dilanjutkan dengan praktek peraturan baris berbaris (PBB).

Camat Seginim Ibuk Mardalena mengatakan kepada linmas berkerja dengan sebaik baiknya karena tugas linmas cukup berat bidang penertiban dan keamanan, nantinya kita akan lakukan pelatihan secara sama-sama di Kecamatan secara serentak biar lebih efektif diseluruh desa dalam Kecamatan Seginim ini.

Polsek Bpk Tamsir memberikan bimbingan kepada linmas agar supaya linmas dapat berkerja dan bertanggung jawab terhadap keamanan desanya sendiri mulai dari hal yg paling kecil sampai hal yang besar sekalipun ,ketertiban dan keamanan ini adalah tugas dan tanggung jawab kita semua namun yang di depan adalah para linmas.

Babinsa Bpk Sersan Efendi memberikan tentang tata cara berpakaian dinas harus lengkap dan rapi makanya semuanya itu ada pelajaranya muali dari cara memasang tali sepatu, ikat pinggang, tali komando dan bunyi peluit, kesemuanya itu diajarkan oleh bpk Sersan Efendi dan bpk Kapolsek bpk Tamsir.

Disamping itu kepada para linmas harus berkerja dgn penuh kesigapan kapan saja dan dimana saja demi tertib dan amanya desa dan lingkungan kita.

Basarnas juga menyampaikan terkait dengan saat ini di Propinsi Bengkulu rawan gempa, maka kepada para linmas kira dapat selalu siaga dalam rencana seperti gempa bumi ,bila terjadi gempa yang berkuatan tinggi hendaknya kita menyelamatkandiri kita yang lebih dahulu, setelah itu baru kita membantu orang lain ataupun keluarga kita, bila kondisi kita dalam rumah atau gedung maka kita harsu melakukan perlindungan bagian kepala lebih dahulu dengan sembunyi di bawah meja atau dibawah tempat tidur demi keselamatan, lalu kalau kita di luar rumah kita harus lari ke tempat yqng aman dilapangan terbuka jangan dibawah pohon atau bangunan setelah itu dilanjutkan dengan cara evakuasi korban.(**jhon)