by

Pemdes Pajar Bulan Kec. Seginim: Lakukan Musyawarah Rembuk Stunting.

Bengkulu Selatan||Andusti.com – Hari ini Rabu,02/09/2020 di Kantor Desa Pajar Bulan Kecamatan Seginim Kabupaten Bengkulu Selatan laksanakan Musyawarah Rembuk STUNTING.

Hadir pada acara itu Pendamping Desa Bpk Boby Hertanto, ibuk Siti Widyanti dari Puskesmas Darat Sawah Seginim serta undangan lain Ibuk Kader PKK, Tomas, Pusyandu dan BPD.

Kepala Desa Pajar Bulan Daus Riwan Hayadi menyampaikan atas kehadiran para ibuk dan bapak kami mengucapkan terima kasih pada musyawarah ini, nanti silahkan mengusulkan apa apa yang kita anggap penting dalam penanganan stunting ini, karena untuk pencegahan dan penangulangan anak-anak yang kurang gizi dan kurang normal perkembangan tubuhnya, nantinya dapat kita bantu dan tangani, untuk itu silahkan masukan usulan, supaya dapat kita masukan pada Anggaran Desa di tahun 2021, ujar Kepala Desa.

Hasil Musyawarah Mufakat Stunting adalah sebagai berikut :
1.Alat kesehatan masih kurang.
2.Kurangnya Obat- obatan.
3.Sarana Meubeler belum ada
4.Belum ada PMT khusus Bumil
5.PMT belum bervariasi
6. Kelas 1 H
7. Limbah terbuka
8. sosialisasi kurang
9. Peningkatan Kapasitas kader.

Boby Hertanto sebagai pendamping desa menyampaikan bawah stunting ini sangat penting karena selama ini anak anak yg seperti ini sering terpinggirkan dan terabaikan, saking pentingnya Pemerintah Desa wajib menganggarkan, bila tidak maka akan dikenakan sangsi dari Pemerintah Pusat, tegas Boby..(**Jon)