by

Pemdes Babatan Ilir Laksanakan Pelatihan Kades Pembangunan Manusia ( KPM )

Bengkulu Selatan||Andusti.com – Senin, 14 Desember 2020 Pemdes Desa Babatan Ilir Kecamatan Seginim melaksanakan Pelatihan Kader Pembangunan Manusia ( KPM ), bertempat di Kantor Desa Babatan Ilir Kecamatan seginim.

Hadir pada acara itu semua kader yg ada di dalam Desa, Kader Posyandu, kader Pos Bindu, Kader Lamsia, guru PAUD, KB Yang berjumlah 26 orang, Sebagai Nara sumber dari Puskesmas, Pendamping Desa.

Dalam sambutanya Kades Babatatan Ilir “Yohanestero” berharap kepada semua kader yang ada di desa kiranya dapat berkerja pro aktif dalam melakukan tugasnya masing masing dan kiranya dapat mengikuti acara ini nanti sampai dengan selesai dan jangan ragu nanti silahkan tanyakan dengan nara sumber bila mana ada yang belum jelas.

dr.Ismi Juita menyampaikan kepada para ibuk-ibuk, kiranya dapat bekerja dengan ikhlas walaupun honornya tidak seberapa demi kesehatan dan pendataan di desa kita ini, karena Posyandu itu bukan tanggung jawab Puskesmas tapi itu adalah milik desa, maju mundurnya tingkat pelayanan yang ada di desa tergantung dengan desanya masing masing.

Kami dari Puskesmas sebagai pengawasan dan memberikan informasi serta pelayanan bila diperlukan, untuk itu saya tegaskan kepada para kader kiranya berkerjalah dengan ikhlas dan penuh rasa kepedulian terhadap warga kita untuk menuju indonesia sehat.

Hendra Pratama,SKM juga menyampaikan fungsi kader, mendata anak anak balita, ibuk hamil, anak kurang gizi, menyampaikan informasi tentang likungan sehat dan membuat laporan setiap bulan kepada kepala desa.

Lian Aprianto menyampaikan tentang Rumah Desa Sehat, ada pun fungsi rumah desa sehat ini adalah Tempat berkumpulnya para kader yang ada dalam desa untuk mencatat dan melakukan pendataan sekaligus memberikan informasi kepada warga tentang tata cara hidup sehat.

Anak kurang gizi atau pertumbuhanya kurang baik itu bisa disebabkan oleh kurangnya asupan gizi ibuk hamil serta lingkungan kotor dan cacingan untuk itu sangat lah penting peran kader yang ada di desa, mulai dari anak dalam kandungan sampai Balita diperhatikan makanan yang bergizi dalam mengatasi pertumbuhan anak kedepan…(**jhon)