by

MUSRENBANG RKPD TA 2021 BUPATI LEBONG MINTA PEMPROV PRIORITASKAN 9 USULAN PEMBANGUNAN

Lebong||Andusti.com – Selas, 16/03/2021 bertempatan di Aula Bappeda Kabupaten Lebong melaksanakan musyawarah Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2022, acara di hadiri langsung staf ahli Gubernur Bengkulu bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Bupati dan Wakil Bupati Lebong, Sekda Lebong, Ketua DPRD Lebong, FKPD, Kepala OPD Kabupaten Lebong, Camat, Lurah, Kepala Desa dan Tokoh Masyarakat Kabupaten Lebong.

Dalam sabutannya Bupati Lebong Kopli Ansori menyampaikan secara gamblang terkait kondisi wilayah Kabupaten Lebong selama 17 tahun dengan kondisi wilaya yang begitu memprihatinkan.

Bupati juga menyebutkan bahwa diwilayahnya sangat membutuhkan prioritas dari Pemerintah Provinsi Bengkulu.

Kabupaten Lebong dengan luas wilayah perda RT RW, Kabupaten Lebong No 12 tahun 2012 seluas 2513,15 Km. Kabupaten Lebong satu – satunya Kabupaten di Provinsai Bengkulu yang tidak memiliki akses jalan Nasional.

“Kondisi wilayah Kabupaten Lebong di kelilingi hutan lindung dan Taman Nasional Kerinci Sebelat ( TNKS) sehingga area pertanian dan perkebunan masyarakat sangat terbatas, itu hanya 25% Area Peruntukan Lain (APL) di sisi lain peningkatan pertumbuhan penduduk di Kabupaten Lebong semakin meningkat,” ujarnya.

Bupati Lebong juga menyampaikan untuk meninngkatkan daya saing daerah Pemerintah Daerah Kabupaten Lebong meminta kepada Pemerintah Provinsi Bengkulu agar lebih memprioritaskan Kabupaten Lebong dalam arah kebijakan pembangunan “OBJEK DESTINASI WISTA” dan upaya perluasan areal persawahan melalui program “CETAK SAWAH BARU” dan indek tanam menjadi ip 2 di Enam (6) Kecamatan di Kabupaten Lebong.

Bupati Lebong juga mengharapkan untuk dapat mengalokasikan dan memprioritaskan beberapa pembangunan di daerah Kabupaten Lebong tahun 2022 di antaranya;
1. Rehab jalan muara aman tambang sawah.
2. Normalisasi ari ketahun di desa tunggan dan uram jaya.
3. Penangganan normalisasi sabo dam pasir lebar di kecamatan bingin kuning.
4. Pemotongan tebing dan pembangunan drainase ruas jalan curup tes muara aman.
5. Peningkatan status jalan provini link benkulu utara muara aman.curup rejang lebong menjadi jalan status jalan nasional.

6. Percepatan mendapat izin atau regolasi pembangunan jalan lebong musi rawas.
7. pembangun jalan lebong muara tara provinsi sumatra selatan,lebong merangin provinsi jambi.
8. fasilitas rencana pembangunan jalan lebong_rejang lebong,pondok kubang bengkulu tengah.
9. percetakan sawah baru di kecamatan pinang belapis,lebong selatan,dan topos..(**Harmudi)