by

Musdesus, Validasi dan Finalisasi Data Penetapan Calon Penerima BLT DD Desa Sebilo Kec Pino Thn 2021

Bengkulu Selatan||Andusti.com – Musyawarah Khusus Validasi dan Finalisasi calon penerima BLT DD Desa Sebilo Kecamatan Pino bertempat di kantor desa Kamis, 18/03/2021 yang di hadiri oleh pihak Kecamatan,Babinsa,Pendamping Desa,Tenaga Ahli dan anggota tim serta warga setempat.


Penjabat Kepala desa Bapak Saripin.S.IP mengatakan hari ini kita akan melakukan atau menerima laporan dari tim pendata calon penerima Dana Bantuan Lansung Tunai yang sumber dananya dari DD desa tahun 2021.

Untuk itu kepada kita semua saya berharap kita dapat mendengarkan dengan sebaik – baiknya dan kepada pihak kecamatan, TA, Bbainsa dan pendamping kiranya dapat juga memberikan informasi warga yang seperti apah yang bisa dimasukan dalam pendataan BLT ini.

Selanjutnya saya berharap musyawarah ini nanti berjalan dengan tertib dan lancar, kami sebagai pemerintah desa tidak akan mengintervinsi hasil keputusan musyawarah silakan nanti kita sama – sama meberikan penilaian serta masukan, sepanjang warga kita ini masuk dalam petunjuk maka silakan dimasukan tapi sebaliknya bila dia tidak masuk dalam aturan yang ada jangan juga berkecil hati yang penting jangan sampai kami pemerintah desa disalahkan dalam pendataan dan penyaluran BLT ini dikemudian harinya.

Babinsa Bapak Saten Indra juga mengingatkan kepada semua warga pertama dalam musyawarah nanti tertib dan aman tidak ribut,kedua kita selalu diingatkan melawan penyebaran virus corona kita tetap ikuti anjuran pemerintah atau Prokes apa lagi di acarah pernikahan kiranya tidak melakunkan penyambutan tamu dan berkerumun.

Pendamping Desa Ibu Apni Susanti menyampaikan bahwah warga yang berhak menerima BLT DD ini sudah diatur dalam Peraturan Mentri Keuangan Nomor. 222 dan diperkuat dengan Perbub dan Surat Edaran Bupati.

Bunyi dari PMK No. 222 adalah Warga miskin yang berdomisili di desa Sebilo yang belum menerima bantuan sosial yang lain, Warga yang menderita penyakit kronis.

Data ini nanti harus sesuai dengan hasil musyawarah kami tidak akan masuk terlalu jauh kami hanya memberikan informasi tetang aturan aturan saja, data ini nanti kalau sudah disepakati tidak bisa ditambah lagi, kalau berkurang boleh, untuk itu kepada warga harus jujur siapa – siapa yang menerima bantuan sosial lainya seperti Pkh, Bst, Prakerja dll agar muda untuk melakukan penetapan nanti.

Tenaga Ahli Bapak Bruman ikut memberikan arahan bahwah semua yang di SK kan oleh kades itu tidak bisa masuk karena dia menerima honor dari dana desa termasuk anggota BPD dan Prangkat desa. Bila nanti sudah final kepada kepala desa silakan diajukan ke kabupaten untuk pengajuan pencairan.Dana BLT ini bisa tunai bisa juga non tunai.untuk besaran Bantuan BLT ini Rp. 300.000/bln X 12 bln yang diterima setiap bulan sebelum laporan penerima disampaikan maka untuk bulan selanjutnya belum bisa dicairkan.

Sekarang ini didesa silakan membentuk petugas Sistim Pembangunan Desa Berkelanjutan yang nanti akan petugasnya akan diberikan honor dan fasilitas untuk melaporkan kondisi SDM desa masing – masing sehingga pemerintah pusat bisa memberikan indentitas desa kita misalnya desa kita desa wisata, desa kita desa pertanian dll.

Rapat lansung dipimpin oleh Ibuk ketua BPD Denti Astriani dengan menyimpulkan Warga desa Sebilo Kecamatan Pino calon penerima BLT-DD 2021 sebanyak 48 KK..(**Jon)