by

Korem 041 Gamas Bengkulu: Back Up Pengamanan dan Penegakan Hukum Pilkada Serentak Tahun 2020

Bengkulu||Andusti.com – Menjelang pelaksanaan Pilkada serentak di wilayah Provinsi Bengkulu pada 9 Desember mendatang, Kasi Ops Kasrem 041/Gamas Kolonel Inf Mulliadi, S.H melaksanakan dialog publik live interaktif pengamanan dan penegakan hukum Pilkada serentak tahun 2020 bersama dengan Kabag Bin Ops Polda Bengkulu AKBP Hendry Zusianto, S.E, serta Kordiv Hukum dan Datin Bawaslu Bengkulu Dodi Herwansyah, S.Pd., M.M yang disiarkan langsung oleh stasiun TVRI Bengkulu, Selasa (3/11/2020) sore.

Dalam dialog publik interaktif yang di pandu oleh presenter Indah Thresia, Kordiv Hukum dan Datin Bawaslu Bengkulu Dodi Herwansyah, S.Pd., M.M menyampaikan, sudah ditemukan beberapa pelanggaran yang dilakukan oleh beberapa paslon yang menggunakan fasilitas pemerintahan.

“Kita sudah dilakukan peringatan lisan serta tertulis bahkan ada kampanye yang dibubarkan karena tidak sesuai dengan aturan,” ujarnya.

Sementara itu Kabag Bin Ops Polda Bengkulu AKBP Hendry Zusianto, S.E, menambahkan, pengamanan Pemilu sudah di mulai dari tanggal 3 September 2020 dan khusus Provinsi Bengkulu sandi Operasi Praja Mata Nala 2020, melibatkan seluruh Polres di Provinsi Bengkulu.

“Untuk pengamanan, kita mulai dari tahap pengumuman, seleksi, kesehatan, penetapan calon, undi, sampai sekarang tahap kampanye kita laksanakan pengamanan,” jelasnya.

Disamping pengamanan calon diakui, juga dilakukan pengamanan di tempat tempat obyek vital, seperti, kantor KPU dan Bawaslu baik itu di tingkat Provinsi maupun Kabupaten.

“Harapannya kedepan pada pelaksanan Pemilu dapat berjalan aman, lancar dan sukses,” ucapnya.

Selain itu, Kasi Ops Kasrem 041/Gamas juga menjelaskan tentang sinergitas pengamanan yang dilakukan Korem 041/Gamas beserta jajaran terkait pelaksanaan pilkada 2020 di Provinsi Bengkulu. Termasuk jendala Korem 041/Gamas dalam mem-backup pelaksanaan pengamanan pemilu di lapangan, dan prioritas Korem 041/Gamas dalam mengatasi gangguan dan ancaman yang datang baik dari dalam maupun dari luar.

Lebih lanjut Kolenel Inf Mulliadi, S.H juga menjelaskan, tentang peran serta yang dibutuhkan Korem 041/Gamas dan jajaran dalam menjaga keutuhan wilayah khususnya di Provinsi Bengkulu, termasuk untuk menyukseskan pelaksanaan Pilkada serentak 2020, dan harapannya terhadap pemimpin yang dihasilkan untuk dapat membangun Provinsi Bengkulu lebih baik lagi kedepannya,

“Terakhir peran serta TNI jajaran Korem 041/Gamas dalam menjaga Provinsi Bengkulu yang termasuk dalam mendukung program pemerintah daerah dalam mengisi pembangunan,” terangnya.

Ditambahkan, yang tidak kalah penting Korem 041/Gamas juga mempunyai satgas terpadu Covid-19 Provinsi Bengkulu yang sudah aktif dilaksanakan kegiatan-kegiatannya dari mulai awal sampai saat ini

“Harapannya nanti gongnya di tanggal 9 Desember, sehingga tidak terjadi apa yang dikhawatirkan terjadinya cluster Pilkada dan terakhir penekanan untuk Prajutit TNI Netralitas Harga Mati,” pungkasnya..(**jhon/rri)