by

Ketua BPD dan Anggota Lakukan MUSDES Untuk Perencanaan Pembangunan Desa Th. 2022

Bengkulu Selatan||Andusti.com – Desa Padang Lebar Kecamatan Seginim laksanakan Musdes Perencanaan Pembangunan Desa Tahun 2022, bertempat di gedung serba guna Senin,01/02/2021.

Hadir acara tersebut Camat Seginim, Polsek,Babinsa, Pendamping Desa, Kepala Desa dan Perangkat Desa serta undangan lainya.

Musyawarah dipimpin oleh Ketua BPD yaitu Nopimi Miarti, SH, Namun sebelum masuk pada tahapan usulan DIHARMAN menyampaikan sambutan berdasarkan aturan dan ini sudah rutin kita lakukan pada awal tahun kita melakukan musdes untuk merencanakan pembangunan tahun depan ini.

Selanjutnya disampaikan juga kepada warga Desa Padang Lebar yang hadir hari ini kiranya sudah membawa catatan kecil untuk diusulkan, silahkan nanti usulkan sebanyak mungkin lalu nanti kita akan catat dan yang mana usulanya tidak tertampung pada Dana Desa kita akan masukan ke musyawarah tingkat Kecamatan dan Kabupaten tutur Kades.

Selesai pengarahan Kades dilanjutkan kepada Bpk Avit Nopriandi mewakili camat seginim beliau menyampaikan panjang lebar bukan saja pada materi musdes tapi sudah melebar ke bantuan BLT, Protokol Kesehatan, Koperasi Desa dll….

Sambutan Bpk Lin Aprianto,SE selaku Pendamping Desa di wilayah Kecamatan Seginim banyak membahas tentang penggunaan Dana Desa, yang mana Dana Desa harus membuat ciri khas Desa kita ini sendiri misalkan Desa Wisata, atau Desa Home Industri yang tujuanya nanti untuk mendorong ekonomi masyarakat kita sendiri atau penambahan modal BUMDES, kalau bisa Dana Desa ini tidak habis begitu saja dan berdasarkan arahan dari Kementerian Desa tidak lagi membangun rabat, siring pasang karena kami lihat desa kita ini tidak butuh pembangunan yang seperti itu lagi dan sudah saatnya masyrakat membangun sumberdaya manusianya, ditegaskan mari kita mengurangi pembangunan yang berbentuk fisik kalau pun itu tidak terlalu mendesak.

Bapak AIPTU Sigit H sebagai Kanit Bimas mewakili Kapolsek menghimbau kiranya Kamtibmas perlu kita sama sama menjaga, karena untuk keamanan ini bukan terletak pada kami sebagai Polisi saja namun peran serta masyarakat itu sangat penting, demi Desa kita ini aman dan damai, sehingga kalau kita aman pembangunan akan berjalan lancar. Selain itu kepada Perangkat Desa dalam mengelolah Dana Desa harus terbuka biar Desa kita tidak tersandung hukum.

Musyawarah menyepakati sbb :
Bidang Pembangunan
1. Pembangunan WC/Jamban
2. Pengadaan Tong Sampah
3. Siring Pasang Dalam Desa
4. Jalan Sentra Produksi
5. Pembelian Mobil.Ambulan Desa
6. Tempat tidur pasein
7. Tabung Ogsegin
8. Makan Tambahan pasein
9. Pengadaan Obat2an
10. Kursi Roda
11. Taman Baca
12. Pelatihan Kewiraswastaan
13. Tanaman apotik hidup
14. Tambahan Modal Bumdes
15. Siring Pasang hamparan meski
16. Rehab plat deker
17. Pembangunan Plat deker
18. Kolam.terpal
19. lampu jalan
20. Tiang listrik
21. Tanaman hidroponik…( jon )