by

Jumlah DPS di Lapas dan Rutan se-Bengkulu

Bengkulu||Andusti.com – Kantor Wilayah (Kanwil) Kementrian Hukum dan HAM Provinsi Bengkulu bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bengkulu memastikan warga binaan yang ada di lembaga pemasyarakatan (lapas) dan rumah tahanan (rutan) se Provinsi Bengkulu, akan menggunakan hak pilihnya pada Pilkada serentak 9 Desember 2020.

Berdasarkan data, jumlah pemilih untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur yang ada di 7 lapas dan rutan sementara ini sebanyak 1.222 pemilih dari total Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 1.374.430 pemilih se Provinsi Bengkulu.

“Angka sebanyak 1.222 pemilih asalm warga binaan ini masih fluktuatif, karena kemungkinan bisa berkurang dan bertambah, seiring ada yang bebas dan masuk baru,” ungkap Kepala Kanwil Kemenkum HAM Provinsi Bengkulu Imam Jauhari dalam keterangannya.

Menurutnya, untuk suksesi proses pencoblosan di lapas dan rutan, pihaknya juga masih terus berkoordinasi dengan pihak penyelenggara KPU Provinsi.

Hal itu terkait kelancaran bagi warga binaan se Bengkulu, bisa menggunakan hak politiknya pada Pilkada tahun ini. Di antara syaratnya, memiliki Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP).

“Kelemahan soal warga binaan yang belum memiliki E-KTP, ada solusinya. Mengingat tanpa adanya E-KTP, warga binaan juga tidak menggunakan hak politiknya yang akan dilayani setelah jam 12 siang,” katanya pada Sabtu, (31/10/2020).

Selain itu ia menjelaskan, dalam proses pencoblosan di lapas dan rutan yang kemungkinan besar ada Tempat Pemungutan Suara (TPS) khusus.

Ditambah masih dalam masa pandemi Covid 19, dipastikan tetap mengedepankan disiplin protokol kesehatan (prokes) dan menerapkan standar yang ada untuk warga binaan.

“Dalam proses pencoblosan hari H, disamping ada TPS khusus yang hingga kini masih dikoordinasikan dengan KPU, juga bilik suara sesuai standar berlaku seperti keberadaan TPS di luar lapas dan rutan. Termasuk petugas KPPS-nya,” terangnya.

Sementara untuk diketahui, dari 1.222 pemilih warga binaan tersebut tersebar di Lapas Kelas IIA Curup berjumlah 478 warga binaan, Lapas Kelas IIA Bengkulu jumlah mencapai 250 pemilih. LPKA Kelas II Bengkulu dengan jumlah 32 pemilih.

Selanjutnya Lapas Perempuan Kelas IIB Bengkulu sebanyak 78 pemilih, Lapas Kelas IIA Argamakmur 108 pemilih.

Sedangkan Rutan kelas IIB Bengkulu ada 159 pilih dan Rutan kelas IIB Manna sebanyak 117 pemilih..(**Jhon/rri)