by

Intensitas Hujan Tinggi, BPBD Ingatkan Datangnya Banjir dan Longsor

Bengkulu||Andusti.com – Adanya perkiraan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) untuk wilayah Bengkulu dan sekitarnya sudah memasuki intensitas hujan mulai tinggi, Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Provinsi Bengkulu menghimbau masyarakat agar selalu berhati-hati sekaligus waspada akan terjadinya banjir dan tanah longsor.

“Sejalan dengan prediksi BMKG bahwa mulai terjadi peningkatan curah hujan yang cukup tinggi dari Oktober hingga Desember 2020, di himbau masyarakat Bengkulu agar selalu waspada akan bencana bencana alam banjir dan tanah longsor,” kata Kepala pelaksana BPBD Provinsi Bengkulu Rusdi Bakar, dalam keterangannya.

Menurut Rusdi, pihaknya juga saat ini sudah mulai bersiap-siap untuk melakukan mitigasi bencana, sembari telah mengirimkan surat ke BPBD Kabupaten/Kota se provinsi Bengkulu, untuk menghimbau masyarakat di wilayah masing-masing untuk lebih waspada.

“Setiap kali hujan dengan intensitas tinggi dan lama, bisa saja terjadi banjir, terutama masyarakat yang berada di hilir atau daratan rendah. Sedangkan bencana longsor, terutama di pengunungan,” ujarnya pada Sabtu, (3/10/2020).

Lebih lanjut kesiapan logistik dan lainnya, ia menyebutkan, meski saat ini tengah Pemerintah Daerah sedang konsen menangani persoalan Covid 19, namun soal kebencanaan dipastikan selalu siap siaga, baik dari armada maupun logistik pendukung lainnya.

“Insya Allah, kita sudah siap membuat dapur umum dan memberikan bantuan jika sewaktu-waktu terjadi bencana alam banjir dan tanah longsor, hingga gempa bumi dan juga tsunami. Mudah-mudahan saja tidak terjadi, makanya kita ingatkan masyarakat agar waspada saja,” pungkasnya..(**Jhon/rri)