by

Hasil Undian Nomor Urut, Helmi 1 dan Rohidin 2

Bengkulu||Andusti.com -Pada Kamis (24/9) pagi bertempat di Hotel Mercure Bengkulu, KPU Provinsi Bengkulu menggelar Rapat Pleno Terbuka Pengundian Nomor Urut dan Penandatanganan Fakta Integritas Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu Tahun 2020. Rapat Pleno dihadiri oleh 2 (dua) Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu, yaitu Helmi Hasan dan H. Muslihan Diding Sutrisno dan Dr. H. Rohidin Mersyah, MM dan Dr.E.H. Rosjonsyah, S.IP.,M.Si bersama Perwakilan Partai Politik Pengusul dan Petugas Penghubung.

Selain Pasangan Calon turut hadir Kapolda, Kabinda, Kajati, Danrem, Danlanal, Bawaslu, Ketua DPRD Provinsi, Pokja Pencalonan. Ketua KPU Kota Bengkulu dan Bengkulu Tengah serta Media Cetak Elektronik dan Daring. Rangkaian acara pleno dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Pembacaan Doa oleh Ustadz Farhan, dilanjutkan sambutan Ketua KPU Provinsi Irwan Saputra dan didampingi Anggota Eko Sugianto, Siti Baroroh, Darlinsyah dan Emex Verzoni.

Dalam sambutannya Irwan menyampaikan ucapan terima kasih kepada peserta yang telah berkenan hadir dalam rapat pleno terbuka ini. Hal ini dilakukan dalam bentuk keterbukaan dan transparansi KPU Provinsi Bengkulu dalam setiap tahapan yang dilakukan pada pemilihan serentak tahun 2020.

“Pasca KPU Provinsi Bengkulu menyampaikan berita acara perbaikan dokumen  syarat calon dan penetapan pasangan calon pada Rabu 23 September 2020, maka pada hari ini sesuai dengan aturan KPU Provinsi Bengkulu melaksanakan rapat pleno terbuka pengundian Nomor Urut sekaligus Penandatanganan Fakta Integritas Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu Tahun 2020. Namun ditengah pandemi Covid-19  kami berharap seluruh peserta yang hadir termasuk media massa untuk mematuhi protokol kesehatan Covid-19 dengan menjaga jarak dan memakai masker”ujar Irwan.

Sebelum dimulai pleno, Irwan membacakan tata tertib pleno terbuka pengundian nomor urut paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu Tahun 2020. Setelah itu, pengundian nomor urut paslon dipandu oleh Anggota KPU Provinsi Bengkulu Emex Verzoni. Emex menjelaskan alur pengundian nomor urut dengan disaksikan oleh Ketua Bawaslu Provinsi Bengkulu Parsadaan Harahap dan meminta Kapolda Bengkulu Irjen Pol Sarwono untuk melempar uang koin setelah paslon menentukan pilihan. Kemudian setiap Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur diberikan kesempatan untuk memilih angka 1 dan angka 2 yang telah disediakan oleh panitia sebanyak 5 kali.

Hasil akhir ditetapkan bahwa Pasangan Calon Nomor Urut 1 atas nama Helmi Hasan dan H. Muslihan Diding Sutrisno dan Pasangan Calon Nomor Urut 2 Dr. H. Rohidin Mersyah, MM dan Dr.E.H. Rosjonsyah, S.IP.,M.Si. Penetapan Nomor urut pasangan calon Gubernur Dan Wakil Gubernur Bengkulu Tahun 2020 dituangkan ke dalam berita acara yang ditandatangani oleh Pasangan calon dan Komisioner KPU Provinsi Bengkulu.

Setelah itu acara dilanjutkan dengan Pembacaan dan penandatangan fakta integritas oleh 2 pasangan calon yang dipandu oleh Kabag Hukum Teknis dan Hupmas Oktan Huzaeiry. Setelah ditutup secara resmi, 2 pasangan calon diberikan kesempatan untuk melakukan konferensi pers…(**Jhon)