by

Dua Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu Mendaftar ke KPU

Bengkulu||Andusti.com – Memasuki hari kedua, pada Sabtu, (5/9/2020), dua pasangan bakal calon (balon) Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bengkulu.

Dua pasangan kandidat itu, adalah pasangan balon (paslon) Helmi Hasan-Muslihan DS yang pertama mendaftar, dan di susul paslon Rohidin Mersyah-Rosjonsyah.

Dalam proses pendaftaran kedua paslon tersebut, untuk paslon Helmi-Muslihan yang di usung Partai Nasdem sebanyak 5 kursi, Hanura sebanyak 3 kursi dan PAN 2 kursi ini, sangat sederhana, karena jumlah massa terbatas dan menerapkan protokol kesehatan.

Apalagi sebelum mendaftar ke KPU, diawali dari Masjid Umar Bin Khatab Cempaka Permai, untuk melaksanakan doa, shalat dhuha serta yasinan.

Sedangkan, paslon Rohidin Mersyah-Rosjonsyah dengan sebutan R2, mendaftar ke KPU dengan jumlah massa yang cukup banyak, menaiki angkutan kota (angkot) warna kuning, merah, putih dan hijau, serta iringan perkumpulan ojek.

Belum lagi sebelumnya, paslon Rohidin-Rosjonsyah juga menerima Surat Keputusan (SK) B1KWK dari Partai Demokrat, dan melanjutkan deklarasi bersama parpol pengusung, yakni Golkar, PDIP, Demokrat, PKS dan PPP serta di dukung PSI bersama PKPI, bertempat di posko tim pemenangan di Kelurahan Lempuing Kota Bengkulu.

Seusai mendaftar, paslon Rohidin Mersyah yang menjabat Gubernur, dan Rosjonsyah sebagai Bupati Lebong ini menyampaikan, paslonnya mendaftar dengan di usung oleh 5 parpol atau jumlah 23 kursi di DPRD Provinsi ditambah 2 parpol non parlemen yakni, PSI serta PKPI, telah di terima KPU, dan dinyatakan terpenuhi, sehingga bisa mengikuti tahapan selanjutnya.

“Alhamdulillah, kita (Rohidin-Rosjonsyah,red) sudah mendaftarkan diri dan sebelumnya juga telah menggelar deklarasi pencalonan yang dihadiri dari berbagai elemen masyarakat. Apalagi untuk ketua tim pemenangan kita juga sudah di tunjuk, yakni, M Saleh yang saat ini menjabat Anggota DPR RI dari Fraksi Golkar,” katanya.

Selain itu mengenai izin cuti kampanye lantaran sebagai Kepala Daerah, ia bersama Rosjonsyah menyatakan, siap mengambil cuti di luar tanggungan negara hingga waktu pencoblosan nanti.

“Itu kita ambil setelah ditetapkan sebagai pasangan calon tanggal 23 September 2020 nanti,” jelasnya.

Secara terpisah, sebelumnya paslon Helmi Hasan yang juga menjabat Walikota Bengkulu dan Muslihan saat ini sebagai Ketua DPD Partai Hanura Provinsi menyatakan, paslonnya yang di usung 3 partai, dengan jumlah kursi 10 di DPRD Provinsi Bengkulu, di sebut berkas pencalonannya telah memenuhi persyaratan yang ditetapkan sesuai aturan berlaku.

“Kita siap mengikuti tahapan Pilgub Bengkulu selanjutnya, termasuk pemeriksaan kesehatan jasmani dan rohani, meski sebelumnya sempat di isukan telah terpapar Covid 19. Mengingat untuk tim pemenangan juga sudah terbentuk, dengan diketuai Dewi Coryati, yang saat ini menjabat Anggota DPR RI dari Fraksi PAN,” tutup Helmi-Muslihan dan didampingi Dewi Coryati…(Jon)