by

Bupati Bengkulu Selatan Tanam Pohon Penghijauan di Pantai Tumbuk Tebing

Bengkulu Selatan||Andusti.com – Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi menanam pohon penghijauan di sekitar Pantai Tumbuk Tebing Kecamatan Bungamas, Selasa (15/9/2020).

Kegiatan penanaman pohon penghijauan ini bertujuan agar Pantai Tumbuk Tebing dan Sepanjang Pantai Kecamatan Bungamas pada umum menjadi lebih lestari dan hijau, sehingga akhirnya nanti dapat memberi suasana sejuk bagi pengunjung pantai.

Pada kesempatan tersebut, Bupati juga menyerahkan secara simbolis bantuan bibit pohon pinus, asam jawa dan bibit Pala kepada Pemerintah Desa dan Kelompok Tani di Kecamatan Bungamas.

Bupati berharap, Pemerintah Desa se Kecamatan Bungamas bersama masyarakat, terkhusus yang berada di wilayah bibir pantai agar melakukan penanaman pohon di pinggir pantai.

“Penghijauan ini penting untuk mendorong Pantai de Sepanjang Bungamas ini menjadi destinasi wisata, karena pantai Bungamas ini akan keunikan tersendiri yang tidak dimiliki pantai lain. Kalau pantai lain terkenal dengan hamparan pasir, Pantai Bungamas ini salah satu keunikannya adalah hamparan batu di sepanjang bibir pantai,” ujar Gusnan.

Keunikan lainnya, lanjut Gusnan, jika dikelola dan ditata dengan baik, Pantai Tumbuk Tebing ini juga cocok dikolaborasikan dengan konsep Agrowisata.

 

“Di sekitar pantai ini, kita lihat lahan persawahan yang menghampar luas, ada padi, ada juga tanaman jagung dan lainnya. Ini bisa dikawinkan menjadi agrowisata,” beber Gusnan.

Selain untuk menunjang destinasi wisata, Peghijauan ini juga bertujuan untuk mengantisipasi dan meminimalisir terjadinya abrasi persawahan di pinggir pantai..(**Jon/mc)