by

BPD Bentuk Panitia Persiapan Pemilihan Kepala Desa, dan Langsung Di Lantik

Bengkulu Selatan || Andusti.com – Rabu 31 Maret 2021, Bertempat di Aula Gedung Serba Guna, Sebelum melaksankan pemilihan Kepala Desa, ada beberapa persiapan yang harus dilaksankan oleh Badan Permusyawaratan Desa, Sala satunya adalah dengan membentuk panitia pemilihan Kepala Desa oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

Kami dari BPD membentuk Panitia Pemilihan Kepala Desa, yang mana beberapa hari yang lalu kami BPD telah mengundang masyarakat untuk ikut serta menempatkan diri sebagi calon panitia pemilihan kepala desa, di Desa Pagar Gading.

Ketua BPD Rahmadan Arianto Pemesanan Panitia Pemilihan Kepala Desa yang berhubungan dengan akan dilaksanakannya Pemilihan Kepala Desa secara serentak se-Kabupaten Bengkulu Selatan pada tanggal 28 Juni mendatang.

Panitianya sudah terpilih 11 orang yang sudah terpilih akan segera dilaporkan secara tertulis kepada Bupati / Walikota melalui camat.

Rahmadan menjelaskan, berdasarkan aturan yang ada Panitia pemilihan kepala desa mempunyai tugas:

1.merencanakan, mengkoordinasikan, menyelenggarakan, merencanakan dan mengendalikan semua tahapan pemilihan;

2. merencanakan dan mengajukan biaya pemilihan kepada Bupati / Walikota melalui camat;

3. melakukan pendaftaran dan penetapan pemilih;

mengadakan penjaringan dan penyaringan bakal calon;

4. menetapkan calon yang telah memenuhi persyaratan;

5. menetapkan tata cara pelaksanaan pemilihan, menetapkan tata cara pelaksanaan kampanye;

6. memfasilitasi penyediaan peralatan, dan tempat pemungutan suara;

7. melaksanakan pemungutan suara, menetapkan hasil rekapitulasi penghitungan suara dan mengumumkan hasil pemilihan;

8. menetapkan calon Kepala Desa terpilih, dan melakukan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan pemilihan.

“Secara teknis pemilihan panitia pemilihan Kepala Desa adalah tugas dan wewenang BPD, tetapi yang perlu di perhatikan oleh kawan-kawan BPD dalam pembentukan panitia tersebut adalah salah satunya dari unsur Perangkat Desa, yang lainnya silahkan menyesuaikan, ada dari tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan unsur-unsur yang lainnya,” ungkap Rahmadan.

Kades Ison Tase menyampaikan terkait dengan pembiayaan pemilihan Kepala Desa, segalanya biaya yang dikeluarkan dalam rangka pelaksanaan pemilihan kepala desa dibeban kan kepada anggaran pendapatan dan belanja desa ,Desa Pagar Gading (ADD).

“Biaya itu untuk hal-hal yang bersipat kepanitiaan, perlengkapan lainnya seperti ATK, termasuk honor panitia, tetapi kalu untuk kotak suara dan surat suara itu di biayai oleh Kabupaten,” pungkas kades .. (** ags)