by

Bank Mandiri Proses 1800 Kartu Tani Seginim

BENGKULU SELATAN | ANDUSTI.com — Guna mempermudah akses petani menuju dunia perbankan, sebanyak 1800 petani di Kecamatan Seginim, Kabupaten Bengkulu Selatan, Provinsi Benggkulu akan segera memiliki kartu tani.

Selain urusan perbankan —tabungan dan pinjaman modal usaha, kartu ini juga dapat difungsikan sebagai antisipasi penyimpangan distribusi sarana produksi pertanian (Saprodi) bersubsidi pemerintah.

Demikian dijelaskan Koordinator Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Seginim, Esran Vahlepi, saat mendampingi petugas Bank Mandiri Cabang Manna melayani pembuatan kartu tani di kantornya, Kamis (12/3/2020) pagi.

“Pelayanan sudah dibuka sejak kemarin. Ini hari kedua, dan mudah-mudahan bisa tuntas hari ini sesuai target,” timpalnya.

Menurut Esran, penerbitan kartu multi fungsi ini merupakan program besutan pemerintah pusat yang teknis pelaksanaannya dititipkan kepada pemerintah daerah.

“Ini akan mempermuda petani mendapatkan penyaluran pupuk. Bisa sebagai kartu ATM. Bantuan bisa lebih efektif, tidak bisa disalahgunakan dan tepat sasaran. Petani bisa mengajukan pinjaman dan menabung di bank,” tutupnya.[jOn]