by

Alhamdulillah! Jembatan Palak Bengkerung Roboh

BENGKULU SELATAN | ANDUSTI.COM Segenap warga sekitar lokasi proyek pembangunan Jembatan Palak Bengkerung, Kecamatan Air Nipis, Kabupaten Bengkulu Selatan, Provinsi Bengkulu, bersyukur robohnya jembatan tersebut akibat dihajar banjir tidak menimbulkan korban jiwa.

Menurut sejumlah saksi mata, proyek Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Bengkulu senilai Rp 14,5 miliar —dikerjakan PT Gading Utama— itu porak-poranda tiga jam pertama hujan deras mengguyur wilayah Kecamatan Air Nipis dan sekitarnya, Senin (2/12/2019) sore.

“Roboh sekitar jam 6 sore kemarin. Waktu itu ketinggian air sekitar 4-5 meter. Tak ada (material jembatan yang belum terpasang sempurna-red) yang bisa diselamatkan, besi-besi hanyut. Yang masih tersangkut sekarang pun mungkin akan terbawa arus, kalau ada banjir susulan,” kata salah satu pekerja di lokasi proyek, Selasa (3/12) siang.

Pria ini mensinyalir, robohnya separuh rangka jembatan disebabkan potongan kayu log hanyut dan menghantam tiang besi penyangga sementara. “Kalau rangkaian rangka sudah sampai di tiang pinggir (dari tiang utama di tengah sungai-red), kecil kemungkinan akan begini,” timpalnya.

Rangka jembatan baru tersangkut di jembatan inspeksi Bendungan Palak Bengkerung.

Pekerja lainnya memperkirakan, pekerjaan merangkai rangka utama akan rampung tiga hari lagi. Namun dengan petaka ini, dia mengaku belum bisa mengira langkah apa yang akan diambil pihak rekanan/pelaksana proyek.

Pantauan Andusti.com, kemungkinan terjadi banjir susulan sangat besar, mengingat cuaca siang ini masih mendung pasca wilayah Air Nipis dan sekitarnya diguyur hujan deras sepanjang Senin malam.

Pelapis tebing pada Bendungan Air Nipis juga ambruk.

Sejauh ini, belum ada pihak yang berani menjelaskan ambruknya pelapis tebing sisi kiri Bendungan Air Nipis berkaitan atau tidak dengan robohnya jembatan baru. Padahal, keganasan banjir seperti Senin sore —hingga tadi malam— sudah biasa terjadi.

Hingga berita ini diterbitkan, konfirmasi kepada Dinas PUPR Provinsi Bengkulu dan pihak rekanan terkait langkah selanjutnya tengah diupayakan. Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR, Erwadi, dikabarkan tengah meluncur ke lokasi proyek.[oki]

Terbaru