by

Aktifkan Relawan, Muara Payang Masih Terbebas Penularan Covid-19

BENGKULU SELATAN [DiRumahLebihBaik] ANDUSTI.com — Pemerintah Desa (Pemdes) Muara Payang, Kecamatan Seginim, Kabupaten Bengkulu Selatan, Provinsi Bengkulu, berencana segera melaksanakan perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) 2020 guna mengambil langkah konkret pencegahan pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) di desa tersebut.

Demikian diutarakan kepala desa setempat, Mubin, saat ditemui Andusti.com di ruang kerjanya. “Perkiraan anggran yang diperlukan untuk langkah pencegahan penularan virus corona 60 juta rupiah, rinciannya sedang kami susun,” jelasnya, Selasa (14/4/2020) pagi.

Dana tersebut, kata Mubin, akan digunakan untuk pembelian galon tempat cuci tangan, sabun cair dan masker yang akan dibagikan secara gratis kepada seluruh warga desa.

Selain itu, juga ada alokasi untuk operasional relawan dan pembelian perlengkapan posko. “Fungsi relawan sudah kita aktif dalam seminggu ini. Ditugaskan mengawasi dan mendata setiap warga yang baru tiba dari perjalanan jauh atau kawasan terpapar,” ungkapnya.

Menurut Mubin, sejauh ini di Desa Muara Payang terdata 54 Orang Dalam Pengawasan (ODP) yang tengah menjalani karantina mandiri di rumah masing-masing.

Situasi posko relawan Covid-19 Desa Muara Payang
Situasi posko relawan Covid-19 Desa Muara Payang.

“Ini tetap kami awasi agar tidak menimbulkan prasangka dan kecemasan warga lainnya. Sejauh ini masih aman-aman saja, belum ada warga (terutama ODP-red) dinyatakan positif terinfeksi,” tutupnya.[jOn]

Terbaru